Kamis, 04 Agustus 2011

Sekilas tentang Nagekeo


Kabupaten Nagekeo merupakan pemekaran dari Kabupaten Ngada pada tahun 2007 silam. Kabupaten Nagekeo bagian utara berbatasan dengan Laut Flores, bagian selatan berbatasan dengan laut Sawu, bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Ende dan bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Ngada. Kabupaten Nagekeo terdiri dari 7 buah kecamatan. Dengan luas wilayah 1.416,96 Km2 dan dihuni oleh 123.289 jiwa pada tahun 2006. Pada tahun 2006 ini kecamatan yang paling luas (tidak termasuk luas kawasan hutan) adalah kecamatan Aesesa dengan luas wilayahnya mencapai 327,59 Km2. Atau 30,52 persen dari keseluruhan luas wilayah kabupaten Nagekeo. Kecamatan yang luas wilayahnya paling kecil adalah kecamatan Aesesa Selatan dengan luas wilayah 51,57 km2. Atau 4,81 persen dari keseluruhan luas wilayah kabupaten Nagekeo. Pemerintahan Kabupaten Nagekeo beribukota di Mbay, dipimpin oleh Bupati Johanes S. Aoh. Populasi penduduk di Kabupaten ini mencapai 123.174 jiwa.


Kawasan pantai selatan- Nggolonio (photo by Yanto Mana Tappi)


Pertanian dan perkebunan adalah komoditas utama yang menjadi salah satu lumbung pertanian bagi Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terdapat 2.974,18 Ha lahan sawah intensif yang selalu digarap tiga kali dalam setahun. Lahan sawah ini tersebar di wilayah Kecamatan Aesesa, tepatnya di Mbay, Ibukota Kabupaten Nagekeo.



Selain itu, masih ada lagi sekitar tiga ribu hektar lahan di kawasan Mbay kiri yang akan dikembangkan menjadi lahan pertanian sawah.
Berbeda dengan di belahan pantai selatan Nagekeo,hampir seluruh wilayah didominasi oleh hutan lebat dan perbukitan yang dijadikan surga mata pencaharian para petani. Komoditi yang menjadi andalan petani di wilayah selatan nagekeo yaitu, cengkeh,vanili,kopi,kakao dan kelapa.


Kawasan Marpokot - dermaga penyebarngan (Photo by Yanto Mana Tappi)
Pantai Marapokot (photo by Yanto Mana Tappi)



Hamparan savanna dan sawah yang luas adalah pemandangan yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung memasuki Mbay-Ibukota Kabupaten Nagekeo.  Boleh dibilang, savanna ini adalah surga bagi populasi ternak sapi dan kambing yang ada di kabupaten yang terletak di tengah-tengah pulau flores ini. Ternak-ternak sapi dibiarkan mencari makan sendiri, tanpa pengawasan ketat dari sang pemilik. Sejumlah peternak mengaku, kawasan padang pengembalaan ini sangat aman dari ancaman pencuri dan hewan pemangsa.

Photo by. Eddy Due Woy


Musim kemarau biasanya terjadi diantara bulan April-Agustus. Pada bulan ini, hampir diseluruh padang terlihat kuning keemasan, berbeda dengan musim hujan pada bulan  September-Mey yang terlihat hijau. Seorang photographer sahabat saya,Baktiar Sontani, sempat bergurau," Inilah surga bagi para landscaper".Titip salam buat Mas Baktiar, ditunggu kedatangannya lagi di Mbay ya...
Kawasan Pantai selatan-Kecamatan Keotengah
(photo by yanto Mana Tappi)


Seperti inilah savana memasuki kota Mbay dari balik lensa Mas Baktiar Sontani."Dalam Balutan Emas"

Photo by.Baktiar Sontani


photo by.Baktiar Sontani




Suatu waktu, saya renungkan....sungguh indah dan mulia semua ciptaan Tuhan dibumi Indonesia tercinta. 

Dari ruang ini, saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Nagekeo.



Siluet bangau putih di bukit Watondoang-Waekokak(photo by.Yanto Mana Tappi)

Dipagi yang dingin meringkuk menggigil.

 Diiringi hembusan angin pagi fajar menyingsing.

Sungguh hari yang cerah penuh makna.



Kumelihat ada titik jauh dari kelopak mata.

Berangsur-angsur naik keatas kian jelas.

Sedikit merah membias dan merona.

Menandakan awal dari mulainya kehidupan baru.



Tak sedikitpun kuberanjak dari tempatku.

Karna tuk menyaksikan kebesaran Tuhan.



Ya Tuhanku...

Engkaulah Sang pencipta.

Engkaulah Sang penguasa dari semua alam semesta.

Engkaulah Sang pemberi kehidupan.

Engkaulah yang membuat semuanya jadi indah....

Menanti pagi di Pelabuhan Marapokot (photo by.Didimoezh)

Suatu malam di perkampungan nelayan Marapokot (photo by.Didimoezh)

Elang Putih di Gunung Ebulobo (photo by.Yanto Mana Tappi)


Suatu Senja dipantai Marapokot-Mbay(photo by.Yanto Mana Tappi)

Catatan: semua foto dalam halaman ini karya cipta dari komunitas NPC.Teks; Yanto/Didimoezh.

2 komentar:

Silahkan berkomentar